Jumat, 23 Oktober 2015

Mengenal Fitur Lengkap App Inventor 2

Mengenal Fitur Lengkap App Inventor 2
Pada kesempatan kali ini sebelum mulai membuat aplikasi android menggunakan App Inventor 2 sebaiknya saya akan mengenalkan terlebih dahulu tentang fitur-fitur yang ada pada App Inventor 2.
Simak gambar berikut ini.


Penjelasan Gambar:
  1. Palette Column: Berisi semua komponen yang akan digunakan pada project. Komponen pada bagian palette ini dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Misalnya komponen User Interface terdiri atas komponen button, label, image, checkbox, slider dan seterusnya.
  2. Viewer Column: Berfungsi untuk menampilkan/meletakkan komponen yang telah dipilih. Semua yang ada pada bagian viewer ini yang nantinya akan terlihat saat project dijalankan
  3. Components Column: Berisi daftar semua komponen yang kita gunakan/sisipkan pada project/viewer. Saat kita menambahkan sebuah komponen pada viewer/project, maka daftar isi Components akan bertambah sesuai dengan jenis komponen yang disisipkan.
  4. Media Column: Berisi daftar media (gambar, clip art, suara, musik, atau film) yang kita sisipkan pada project
  5. Properties Column: Berfungsi untuk mengatur properti dari komponen yang kita gunakan. Setiap komponen memiliki properti tersendiri yang bisa kita atur pada bagian property ini, sesuai dengan kebutuhan kita.
 Nah, setelah kita mengenal fitur dashboard app inventor, maka selanjutnya kita akan belajar menggunakan komponen yang ada untuk membuat aplikasi android. Ikuti tulisan saya selanjutnya ya.

Bagikan

Jangan lewatkan
Mengenal Fitur Lengkap App Inventor 2
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.